Senin, 20 Juni 2011


APAKAH SI DIA SAHABAT SEJATI KAMU??
Oleh : Muh. Hidayat


Sobat dday lonelhy, sahabat adalah salah satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita. Persahabatan adalah dasar bagi setiap hubungan yang ada.  Sebagai mahluk sosial tentunya komponen ini akan sangat berpengaruh pada diri kita. Terkadang nich ada orang yang care banget sama sahabatnya. Bahkan sampai harta, jiwa dan raganya dikorbankan. Pengenkan punya sahabat yang care sama kamu?......apakah dia sahabat sejati? Hmhmhmm….
Saya mau bertanya nich pada semua sobat dday lonelhy. Pernah nggak sih kita berfikir, apakah apakah sahabat kita benar-benar perhatian pada kita? Apakah sahabat kita setia? Atau hanya berpura-pura menyukai kita. Terkadang, memang sulit mengetahuinya. Namun, kita nggak perlu membuang waktu buat hubungan yang ngaak perlu atau membangun persahabatan dengan orang yang nggak tulus. Oleh karena itu saya akan coba memberikan enam tes penting buat ngetes bener nggak sih dia sahabat sejati untuk sobat corrigensia tercinta.
Tes perhatian. Salah satu kriteria penting nih buat menilai sahabat kamu adalah seberapa besar sih perhatiannya pada kehidupan kamu. Coba dech kamu cerita padanya tentang hal penting dalam hidup kamu dan lihat apakah dia menanggapi dan ingin tahu lebih jauh. Namun, jika dia tidak bereaksi apa-apa, hubungi dia lain kali dan coba kamu beri isyarat tentang hal itu dan lihatlah apakah dia mengingat percakapan yang kamu maksud sebelumnya atau tidak.
Tes kesetiaan. Maukan punya sahabat setia?. Ada cara yang bisa kamu pakai nich buat ngetes si Dia. Ceritakan apa saja rahasia orang lain padanya, trus lihat apakah dia berkomentar atau tidak. Seorang sahabat sejati harus tahu arti sebuah kepercayaan dalam hubungan . pastikan saja dia tampak keberatan atau tidak setelah kamu bercerita rahasia orang lain padanya. Kalu nggak yah….
 Tes kebanggaan. Kalo kamu lagi sedih pasti dan yakin saja bakal banyak sahabat kamu yang datang untuk menghibur kamu. Tapi, coba lihat siapa saja yang datang dan nepuk bahu kamu ketika kamu sukses dalam suatu pekerjaan. Hanya orang-orang yang nggak cemburu dan iri pada kamu yang akan melakukan hal itu. Seorang sahabat sejati akan melakukan hal itu. Seorang sahabat sejati akan bangga pada kesuksesan kamu, bukannya malah iri pada kamu. Coba lihat apakah dia mendatangimu ketika mendengar kabar baik, bukan hanya ketika tertimpa musibah.
Tes kejujuran. Sahabat sejati adalah orang yang mau memberi tahu kamu hal-hal yang nggak ingin kamu dengar. Dia bakal rela kamu benci sama dia jika yang dia lakukan bermanfaat untuk kamu. Coba perhatikan si dia pakah dia mau mengatakan hal-hal positif pada kamu meski dia tahu kamu akan kecewa padanya?
Tes penghargaan. Katakan padanya bahwa ada Sesuatu yang buat kamu senang yang lagi kamu alami, namun kamu lebih suka untuk tidak menceritakannya dengan detail sekarang. Lalu, lihat apakah dia mendesak kamu tuk ngasih tahu dia atau tidak. Perhatian dan rasa ingin tahu saja beda lho. Kalau dia terus nunjukin sika bahwa dia harus tau, berarti dia cumin tertarik pada gossip dan bukan pada kamu. Sahabat yang baik tentunya akan menghormati harapan kamu dan beri kamu kesempatan untuk mendapatkannya tanpa dia tahu terlebih dahulu. Dia mungkin akan terus memberi isyarat agar kamu memberitahukannya karena tertarik, tetapi sahabat sejati nggak akan maksa kamu untuk menceritakannya apabila kamu sudah finalkan untuk tidak kasi tahu dia sekarang.

Tes pengorbanan. Apakah dia mau mngorbankan sesuatu jika itu bisa buat kamu bahagia? Relakah dia mengorbakan kabahagiannya untuk kebahagian kamu? Ketika kamu lagi terjepit pada suatu masalah, kebanyakan orang bakal menjauh dan lindungin kepentingan mereka. Coba perhatikan apakah dia satu-satunya orang yang berpikir atau berencana mencari jalan keluar dalam masalah kamu ataukah dia berusaha menyelamatkan kepentingannya sendiri.

 Nach..sobat dday lonelhy itulah enam tes yang patut dicobakan buat ngetes apakah si dia sahabat sejati buat kamu. Kalau sahabat kamu lulus dari empat hingga enam kriteria berarti kamu telah mendapatkan sahabat yang bakal bisa kamu andalin. Jika dia hanya lulus tiga kriteria atau kurang, kamu mungkin harus meninjau ulang persahabatan kamu dengan si dia, atau ngomong hal ini padanya. Tentu saja, dalam kehidupan ini kita mengalami banyak sekali peristawa dan kejadian, kamu bisa saja bingung atau tak sadar menjadi kurang peka. So, nggak ada salahnya dicoba tapi tentunya nggak gampang. Jangan lakukan dalam sehari saja yah, karena semuanya butuh proses yang lebih. Tapi, jangan lupa donk untuk sekali-kali bercermin,,,,jangan si dia melulu yang di tes. Sobat corrigensia tahu kan maksud saya?

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger